Kasus pertama, Internet adalah ibarat listrik (munkin lebih tepat listrik jaman dulu) yang dayanya masih terbatas. Misalnya ada suatu daerah disupaly dengan listrik berdaya tertentu. Ada sejumlah pelanggan yang menggunakan, misalnya konsumsi total penggunaan daya dari semua pelanggan tidak melebihi daya yang disediakan, maka listrik masih nyaman (tarang). Namun jika ada penambahan jumlah pelanggan / daya yang mengakibatkan penggunaan daya yang berlebihan, maka tdak nayaman lagi. Listrik jadi meredup, lampu TL susah menyala, Bisa jadi Lampu 50 Watt serasa 20 Watt.

Kasus kedua, misalanya sudah listrik meredup secara keseluruhan dalam satu wilayah, ada satu orang menggunakan Step-Up tegangan dia bisa menikmati listrik dengan dengan dengan leih nyaman daripada yang lain. Begitu orang kedua meniru langkah orang pertama, maka orang kedua jua akan mndapat laistrik ang nyaman. Namun bdea kasusnya jika semakin banyak atau bahkan semua orang meniru maka kemungkinan listrik juga akan menjadi tidak nyaman bagi semua.

Kedua kasus tersebut hanyalah sebuah ibarat, kasus pertama mungkin identik dengan sebuah warnet/institusi yang berlangganan internet dengan bandwdth tertentu. Misalnya ada kita berlanggaan internet dengan kecepatan 512 kbps (dengan asumsi pengaturan bandwidth maksimal, tidak ada prioritas antrian, dll) maka jika ada 1 orang saja menggunakan, maka dia akan mrasa sangat nyaman karena semua “jalan” dia pakai untuk ngebut. Misalnya ada 10 orang menggunakan secara bersamaan (untuk ambil data/ download) ya kemungkinan rata-rata masing masing hanya ada mendapatkan (sepersepuluh) 51,2 kbps. Begitu pula jika semakin banyak pengguna yang bersamaan, maka kecepatan akses juga akan dirasakan semakin melambat.

Kasus yang kedua ibarat penggunaan “download manager (DM)”, yang merupakan software untuk downlaod dengan akselerasi lebih bagus dari download biasa (secara langsung). Ada banyak jenis DM antara lain : Flasg Get, IDM, GetRight, Free Download Manager, dll. Dengan DM kita biasanya akan bisa mendownlaod lebih cepat dari biasanya. Jika hanya satu/beberapa orang saja yang menggunakan mungkin mereka masih bisa mendownlaod dengan “cepat”. Namun jika semakin banyak atau semua menggunakan DM, kasusnya jadi sama “seret/rendet/lelet” lagi. Kecepatan yang didapatkan tiap-tiap pengguna akan turun.

Advertisements